NKRI Harga Mati, Pancasila Final

0
164

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia adalah sebuah kondisi ideal sebuah negara yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa dan seharusnya juga menjadi cita-cita luhur seluruh rakyat Indonesia yang wajib terus diperjuangkan dan dipertahankan.

Dan untuk mewujudkan cita-cita itu, tidak ada sistem lain didunia ini yang bisa diterapkan dibumi Nusantara ini sebaik sistem Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan dan Perwakilan. Sebuah pilihan sistem bernegara yang telah disepakati oleh para pendiri bangsa dan terbukti mampu menyatukan ribuan suku, agama, ras, bahasa, adat dan ribuan pulau di bumi pertiwi yang kita cintai bersama.

Namun, sebaik apapun sistem yang diterapkan, tanpa adanya Persatuan Indonesia, mustahil cita-cita luhur itu bisa kita nikmati. Butuh totalitas semua elemen bangsa untuk mempertahankan persatuan. Maka, kesimpulan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia harus menjadi harga mati bagi semua. NKRI Harga Mati wajib ditanamkan dalam otak pikiran setiap warga negara Indonesia dan terlebih bagi generasi penerus.

Mustahil juga kita bisa bersatu untuk saling menghargai antar suku, ras dan agama kalau kita tidak ber perikemanusiaan dan tidak ber perikeadilan.
Maka sebagai anak bangsa yang punya cita-cita luhur menggapai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, sifat-sifat Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab wajib menjadi dasar bagi semua dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara di setiap jengkal wilayah NKRI.

Yang terakhir dan paling fundamental, benahi dulu keyakinan tentang Ketuhanan yang Maha Esa.
Karena tanpa ber Ketuhanan yang Maha Esa, mustahil semua bisa saling menghargai antar sesama mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa untuk kemudian bersatu dalam satu bangsa yang bermacam Suku, Ras dan Agama. Berikutnya, tanpa adanya persatuan, bagaimana mungkin terlaksana musyawarah yang baik untuk mencapai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia ?

Selamat Hari Lahir Pancasila.
NKRI HARGA MATI, PANCASILA FINAL
1 Juni 1945 – 1 Juni 2022

Oleh : Kustiono Musri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.