Gus Saif Deklarasi LBH BoloSaif, Pendampingan Hukum Berbasis Kemanusiaan

0
567

Jember, Xposfile – Sosok Gus Saif (KH.M.Ayyub Saiful RIdjal Bin KH. Abdul Chalim Shiddiq) sebagai Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, sebagai Kiai dan pengasuh pesantren yang memiliki ribuan alumni santri, di kesehariannya selalu banyak menemui tamu-tamu dari berbagai latar belakang baik dari kalangan alumni santri, atau masyarakat umum lainnya.

Menjawab banyaknya tamu-tamu yang meminta konsultasi tentang persoalan hukum kepadanya, Gus Saif disela-sela kesibukannya melaksanakan peringatan Haul Gus Dur di LAPAS Jember, hari ini 29 Desember 2022 mendeklarasikan lahirnya Lembaga Bantuan Hukum BoloSaif. Sebuah lembaga yang diharapkan mampu menjalankan visi dan cita-cita Gus Saif memberikan pendampingan hukum berbasis kemanusiaan yang dilakukan baik secara litigasi maupun non litigasi bagi kalangan Guru Ngaji, Pesantren atau masyarakat umum yang membutuhkan.

“LBH BoloSaif ini dibentuk untuk menjalankan tugas kemanusiaan dengan berpegang pada prinsip yang sering digaungkan oleh Gus Saif dalam setiap kesempatan yakni Ejeb (istilah madura yang berarti Peduli) Gesek (istilah madura yang berarti Cekatan) Pelak (istilah madura yang berarti Penyayang) dalam melayani masyarakat yang menghadapi persoalan hukum” terang Novi Kusuma Wardana Koordinator LBH BoloSaif.

“Lahirnya LBH ini, adalah atas inisiasi bersama dengan berbagai komponen yang ada di komunitas Bolosaif ” sambungnya.

Dia mengatakan, LBH Bolo Saif kedepan juga bakal memfasilitasi pendampingan, pendidikan dan sosialisasi aturan hukum terutama bagi kalangan pondok pesantren, koperasi pesantren, wali santri, santri serta para guru ngaji. LBH BoloSaif juga diperkuat dengan sumberdaya sejumlah advokat muda dan senior yang profesional dan berpengalaman dalam penyelesaian hukum secara litigasi baik di Jember, Bondowoso, maupun daerah sekitarnya.

Gus Saif dan sebagian anggota LBH Bolosaif berfoto bersama dengan Kalapas Jember setelah pelaksanaan peringatan Haul Gus Dur di Lapas Jember

Pewarta : Kustiono Musri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.