Dukung Target Bupati, Atlet Kodrat Terus Genjot Latihan

0
252

Jember, Xposfile – Target Bupati Jember H. Hendy Siswanto agar atlet Jember tampil  menjadi jawara dalam Pekan Olahraga Jawa Timur (Porprov) Ke-VII  disambut hangat oleh Keluarga Tarung Derajat (Kodrat) Jember. Diantaranya, dengan terus menggenjot latihan para atletnya untuk kesiapan mencapai target 3 emas di Porprov 2022 nanti.  Target realistis ini sekaligus menjadi semangat atlet dalam mengharumkan Jember yang menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaran even olahraga bergensi di Jawa Timur.

Demikian dinyatakan Ketua Umum Kodrat Jember Haryu Islamudin disela-sela pemusatan latihan para altlet Porprov di gedung olahraga United Futsal, kawasan Sempusari Jember, Sabtu (27/11/2021).

“Latihan ini merupakan tindak lanjut kami untuk meraih prestasi terbaik dengan kekuatan tim yang kami miliki. Wes wayahe, Kodrat Jember juara lagi,” ujar Haryu.

Menurutnya, pemusatan latihan atlet tarung derajat ini ditempatkan di United Futsal Kaliwates dan Mauren Sport Rambipuji dengan jadwal yang ketat. Selain materi latihan yang disiapkan, ada sejumlah alasan penting yang membuat Kodrat Jember menarget jawara dengan 3 emas.

“Pertama, kami ingin merespon positif Bupati Jember yang memiliki kepedulian yang tinggi atas prestasi olahraga. Seiring dengan program kerja cabor tarung derajat Jember, ajang Proprov nanti sebagai pintu meraih prestasi yang lebih baik,” ujarnya.

Alasan kedua, melalui momentum Porprov ini, lanjut Haryu, Kodrat Jember akan mendapatkan pengalaman bertarung dalam rangka pencarian bibit unggul atlet tarung derajat untuk dijadikan atlet tingkat propinsi dan nasional.

Optimisme menyiapkan bibit atlet berkualitas itu juga pernah disampaikan Haryu kepada  Ketua Umum Kodrat Jatim Bambang Harjo ketika mengunjungi  atlet tarung derajat di pusat latihan Perum Bumi Milenia, September 2021 lalu.

“Untuk itu, meskipun musim penghujan, latihan tidak boleh berhenti. Salah satunya, memusatkan latihan di gedung Indoor agar fokus latihan atlet tidak terkendala oleh hujan,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan di pusat latihan Jember Futsal Jember, Sabtu (27/11/2021), ada sekitar 20 atlet tarung derajat yang lolos seleksi dalam berbagai tahapan sebelumnya. Keduapuluh atlet ini akan mengikuti seluruh nomer cabor tarung derajat yang dipertandingkan untuk mendukung Jember Juara Umum sebagaimana ditargetkan Bupati Jember H. Hendy Siswanto. Diantaranya, 45-49 kg putra; 49,1-52 kg putra; 52,1-55 kg putra; 55,1-58 kg putra; 58,1-61 kg putra; 61,1-65 kg putra; 65,1-69 Kg putra; 40-45 kg / putri; dan 45,1-50 kg / putri.

Selain itu, para atlet Kodrat “Kota Suwar Suwir” ini juga akan terjun di nomer Seni Gerak Gharang Putra, Seni Gerak Ranger Putra, Seni Gerak Ranger Putri, dan Seni Gerak Getar Campuran.

Selama TC di United Futsal dan Mauren Sport itu, para atlet berlatih secara ketat, mulai dari pemanasan, penguatan skil bertarung, hingga latihan tanding dengan sesama atlet sesuai dengan nomer yang dipertandingkan. Dijadwalkan, TC dilakukan secara ketat dan selektif November hingga Desember 2021.

SERIUS: Atlet tarung derajat Jember memusatkan latihan di gedung Indoor United Futsal dipantau langsung oleh Ketua Umum Kodrat Jember Haryu Islamudin.

Andi Amin, salah satu pelatih senior atlet Tarung Derajat Jember menyatakan, pemusatan latihan ini untuk mendisiplinkan atlet dalam meningkatkan performa skill, seperti tendangan agar mampu mengalahkan lawan tandingnya. Pengalaman sejumlah atlet tarung derajat yang berhasil meraih emas dalam mengharumkan nama Jember dalam berbagai even ikut melatih.

“Tidak hanya kekuatan fisik para atlet yang kita tekankan, tetapi kemampuan skill atau ketrampilan dalam bertanding jauh lebih penting, yakni teknik mendapatkan poin terbaik saat bertanding melawan atlet dari kabupaten lain se-Jawa Timur,” kata pria alumni UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.