Dongkrak Potensi Wisata, Bakorwil V Jember Adakan Workshop

0
56

Jember, Xposfile.com – Bertujuan mendongkrak potensi wisata daerah se wilayah Tapal Kuda, Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur (Bakorwil V Jember) hari ini menggelar Workshop bertemakan “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pengembangan Potensi Pariwisata Daerah” di ruang pertemuan East Java Super Corridor (EJSC) Jember Senin (21/6/2021) 

Program Bakorwil V Jember tersebut mengajak Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se wilayah Tapal Kuda dan dihadiri oleh 12 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) / pengelola wisata lokal dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Jember.

Menurut salah satu Panitia Workshop Choirul Bahtiar, selama ini masih ada pengelola wisata lokal yang belum maksimal memanfaatkan medsos. Bahkan mereka pada dasarnya keliru menjadikan sarana medsos hanya sebagai wadah untuk penjualan produk wisata. 

“Media sosial itu kan media untuk bersosial bukan untuk market atau penjualan. Sejatinya untuk membangun citra produk atau potensi wisata yang ingin ditampilkan. Harapannya konsumen atau penikmat wisata mau berkunjung ke tempat tersebut,” ujarnya.

Selama ini kata Choirul, belum semua potensi wisata lokal di wilayah Tapal Kuda bisa dikelola secara maksimal. Sedangkan pegiat wisata lokal nya sendiri malah mengaku kesulitan dalam pengembangannya. 

“Pokdarwis yang punya kemampuan secara profesional mengelola (Potensi Wisata) itu lewat BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Ada juga pegiat wisata mempunyai potensi tapi belum maksimal dalam mengelola,” jelasnya. 

Harapannya lanjut Choirul, medsos bisa menjadi salahsatu langkah dalam memaksimalkan potensi tersebut. Setidaknya menjadi corong informasi untuk pegiat wisata. 

Sementara ditemui ditempat yang sama, Hesti Utami, salahsatu narasumber workshop mengatakan, agenda workshop ini  juga bisa menjadi kesempatan bagi pelaku pariwisata diwilayah Tapalkuda untuk saling berbagi pengalaman dan strateginya diera pandemi.

“Dari situ kita bisa sedikit memotret bagaimana pariwisata disana. Banyak muncul ide – ide segar, kita butuh anjangsana destinasi wisata di Jember dan sekitarnya,” ucap Hesti.

Dari hasil workshop tersebut, masih kata Hesti, para pelaku pariwisata telah berkomitmen untuk membangun bersama narasi pengembangan pariwisata yang lebih baik dan lebih bermakna.

Pewarta : Kustiono Musri
Sumber : Humas Media Centre PWJ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.