Jember Bukan Lagi Kabupaten PLT, Bupati Hendy Lantik Ratusan Pejabat

0
273

Jember, XPosfile – Sebutan Kabupaten PLt, akhirnya berhasil diakhiri oleh Bupati Jember Hendy Siswanto. Tercatat ada 676 pejabat struktural terdiri dari pejabat pemerintah eselon 2, 3, dan 4 serta 536 pejabat fungsional terdiri dari Guru dan Tenaga Kesehatan yang dilantik dan diambil sumpahnya pada Jumat sore 16/7/2021. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Lantai Dua Pendapa Wahyawibawagraha secara daring dan luring itu, turut dikukuhkan 7 pejabat tinggi Pratama, diantaranya Mirfano sebagai Sekda; Jupriono sebagai Sekretaris DPRD Jember; Isnaini Dwi Susanti sebagai Kepala Dispenduk CAPIL, drh. Andi Prastowo sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Drs. Bambang Hariyono sebagai Kepala Dispendik, Bambang Edy Santoso sebagai Kepala Disnaker; serta Drs. Farouq Msi sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Untuk lebih detailnya tentang daftar nama pejabat yang dilantik, silahkan buka file pdf berikut : LAMPIRAN SK BUPATI JEMBER TTG PELANTIKAN

“Sesi pertama untuk pejabat definitif eselon III dan eselon IV. Kemudian ada sebagian eselon II (dilakukan) pengukuhan,” jelas Bupati Hendy kepada sejumlah wartawan usai prosesi pelantikan.

Sesi pertama dilakukan pelantikan secara simbolis kepada 18 pejabat fungsional, sementara untuk sesi kedua, juga dilakukan pelantikan secara simbolis kepada 18 pejabat struktural.

“Hari ini ada dua sesi, yang pertama ada pelantikan dan sumpah jabatan fungsional tertentu yang saat ini ada sekitar 536 pejabat fungsional tertentu. Itu ada dari perawat dan dari pendidikan. Yang paling banyak dari pendidikan, sekitar 300 lebih,” ungkapnya.

Menurut Hendy, pengukuhan pegawai untuk jabatan fungsional tersebut, seharusnya sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu, namun karena masih ada beberapa persoalan, sehingga baru bisa dilakukan hari ini setelah Pemkab Jember selesai melakukan sejumlah kelengkapan administratif.

Pengukuhan dan pelantikan tersebut, lanjut Hendy, adalah untuk mengembalikan Hak Kepegawaian dari ratusan ASN di Pemkab Jember yang tertunda selama bertahun-tahun. 

“Selama ini mereka harusnya sudah naik jabatan posisinya dan sudah naik statusnya, ada yang sudah enam tahun bahkan delapan tahun yang lalu, baru sekarang ini kita bisa selesaikan semua,” ungkap Hendy. 

Bupati Hendy berpesan dengan dilantiknya ratusan pejabat tersebut, maka kinerja juga harus ditingkatkan dan lebih maksimal untuk melayani masyarakat Kabupaten Jember.

“Ini harus menjadi semangat baru bagi temen-temen yang dilantik, lebih maksimal lagi kinerjanya dan lebih baik lagi melayani masyarakat Jember,” ungkap Bupati Hendy.

Pada kesempatan itu, Bupati juga berpesan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Jember untuk mengemban tugas tambahan menjalankan disiplin prokes.

“Kami mengingatkan kepada keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar, untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Termasuk juga aturan terkait PPKM Darurat Jawa Bali yang masih berlangsung,” sambungnya..

Tugas tambahan itu, menurutnya penting untuk dilaksanakan oleh seluruh aparatur sipil negara. 

“Sebab hingga saat ini, masa pandemi covid, dan masih berlangsung, juga mengancam nyawa warga. Ini adalah tugas tambahan kita, dengan tujuan untuk membentuk kekebalan imunitas (herd imunity). Di sisi lain, masyarakat juga harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes),” tegasnya.

Pewarta : Kustiono Musri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.